Minggu, 18 Desember 2011

mengenal berbagai manfaat asam

Manfaat Asam Lemak Omega 3

Fish Oil 1 Tips Kesehatan: Mengenal Berbagai Manfaat Asam Lemak Omega 3Tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat dengan mengonsumsi asam lemak Omega 3.
Karena Omega 3 dianggap sebagai lemak baik, berbagai suplemen makanan telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan atas Omega 3 ini.
Sumber alami asam lemak omega 3 adalah ikan dan minyak ikan. Omega 3 juga dapat ditemui pada biji-bijian, kacang-kacangan, minyak sayur, biji rami, dan telur.
DHA dan EPA adalah komponen yang paling menonjol dari asam lemak Omega 3. Komponen ini penting bagi membran sel manusia.
DHA juga penting karena langsung memengaruhi fungsi dan perkembangan otak. DHA bermanfaat untuk orang dewasa dan anak terutama pada masa pertumbuhan. Omega 3 juga bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah jantung.
Orang dengan penyakit jantung, darah tinggi dan kolesterol tinggi disarankan untuk mengonsumsi suplemen Omega 3 dan berdiet dengan makanan dengan lemak tak jenuh.
Dengan cara ini, tingkat trigliserida dalam darah berangsur turun sehingga mengurangi risiko gagal jantung.
Karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, Omega 3 dapat membantu mengurangi nyeri sendi.
Orang dengan masalah penipisan rambut dan rambut kusam dianjurkan pula untuk mengonsumsi Omega 3 karena membantu penebalan rambut dan membuat rambut kembali bersinar.
Orang-orang dengan masalah kulit akibat paparan sinar matahari bisa pula mengonsumsi Omega 3. Omega 3 dapat membantu mengurangi kerusakan kulit serta mencegah timbulnya keriput.
Namun, ada juga efek samping yang perlu diwaspadai dari Omega 3 seperti sakit perut dan keracunan merkuri.
Tapi tidak semua orang akan merasakan efek samping ini karena kemunculannya tergantung pada respon tubuh serta jumlah dosis yang dikonsumsi.
Sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen Omega untuk mencegah efek samping yang mungkin muncul.
Cara lain adalah dengan mengganti suplemen dengan makanan yang memiliki kandungan Omega 3. Ketika mengonsumsi suplemen, ingat selalu untuk mematuhi dosis yang dianjurkan.[]
Kategori: Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar